Cara Membuat SKCK Online yang Mudah & Cepat

Cara Membuat SKCK Online yang Mudah & Cepat

Sebelum kita membahas lebih jauh apa itu SKCK Online, ada baiknya anda mengetahui beberapa hal tentang SKCK ini terlebih dahulu.

SKCK merupakan singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian, atau sebelumnya anda kenal dengan istilah SKKB (Surat Keterangan Kelakuan Baik). SKCK merupakan suatu surat yang diterbitkan oleh kepolisian RI.

Dimana surat tersebut menerangkan tentang ada atau tidaknya catatan kriminalistas atau kejahatan yang dilakukan seseorang. SKCK memiliki tanggal kardaluarsa, yakni hanya berlaku selama 6 bulan dari tanggal diterbitkan. SKCK bisa diperpanjang dengan syarat tidak melewati satu tahun dari tanggal kardaluarsa, jika demikian, anda harus membuat baru.

Jenis SKCK

Berdasarkan tempat diterbitkannya, SKCK digolongkan menjadi tiga jenis. Yaitu :

1. SKCK yang diterbitkan PolSEk (Kepolisian Sektor)

SKCK ini diterbitkan dari kantor kepolisian tingkah kecamatan atau desa. Biasanya, SKCK yang diterbitkan oleh Polsek tidaklah untuk keperluan yang besar. Contohnya seperti SKCK untuk melamar pekerjaan di perusahaan swasta, atau untuk sebagai syarat masuk perguruan tinggi.

2. SKCK yang diterbitkan Polres (Kepolisian Resor)

SKCK jenis ini diterbitkan oleh kepolisian yang berada ditingkat kabupaten atau kota. Untuk SKCK pada tingkat ini biasanya diperuntukan jika anda ingin mendaftarkan diri menjadi CPNS, calon pegawai BUMN, atau jika anda ingin mengajukan diri sebagai kepala desa, bupati, atau anggota DPRD.

3. SKCK yang diterbitkan Polda (Kepolisian Daerah)

Untuk jenis yang satu ini, biasanya digunakan untuk keperluan yang lebih besar lagi. Karena SKCK ini diterbitkan oleh kepolisian yang berada satu tingkat dibawah POLRI. Keperluan yang biasa digunakan antara lain untuk mengurus paspor, sebagai syarat untuk pencalonan diri menjadi walikota atau DPR tingkat provinsi.

Tata Cara Membuat SKCK Offline

Berikut ini beberapa langkah yang harus anda lakukan serta beberapa persyaratan yang harus anda penuhi jika anda ingin membuat SKCK secara Offline atau dengan datang langsung ke kantor kepolisian.

  1. Anda perlu datang ke kantor kepolisian kemudian menuju ke loket yang diperuntukan khusus untuk melayani pembuatan SKCK. Jam pelayanan loket ini adalah setiap hari Senin sampai Jumat mulai dari pukul 08:00 sampai pukul 15:00
  2. Anda akan diberikan suatu formulir yang berisikan data-data pribadi anda. Setelah petugas memberikan anda formulir tersebut, anda dipersilahkan untuk mengisinya.
  3. Proses selanjutnya adalah pengambilan sidik jari. Petugas akan membantu anda dalam proses pengambilan sidik jari ini.
  4. Menyerahkan formulir yang sudah anda isi, berikut dengan kelengkapan dokumen pendukungnya. Adapun dokumen yang diperlukan antara lain : 
  • Fotocopy KTP/SIM, KK, dan Akte Kelahiran
  • Surat Pengantar dari Kelurahan sesuai dengan domisili pada KTP anda
  • Pas Foto 4x6 sebanyak 6 lembar dengan berlatar merah
  • 5. Dokumen tersebut diatas disertakan untuk pembuatan SKCK baru. Namun jika anda ingin memperpanjang SKCK anda, dokumen tambahan yang perlu anda sertakan adalah SKCK asli yang sudah dilegalisir, serta Pas Foto yang perlu dilampirkan untuk perpanjangan ini hanya 3 lembar saja.
  • 6. Membayar uang pembuatan SKCK sebesar Rp 30.000 seperti yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 60 Tahun 2016.
 Setelah langkah-langkah tersebut anda lakukan, anda hanya tinggal menunggu nama anda dipanggil untuk kemudian mengambil SKCK anda yang telah selesai.

Cara Mengurus & Membuat SKCK Online

Melihat rumitnya serangkaian langkah yang harus dilakukan, serta keterbatasan waktu yang dibutuhkan untuk mendatangi kantor kepolisian, maka untuk itulah kepolisian RI meliris SKCK Online. Hal ini semata-mata dirancang untuk mempermudah dan mempercepat proses pembuatan SKCK anda.

Sistem Online ini resmi diliris pada bulan Agustus 2018, untuk anda yang berdomisili di Jabodetabek, anda bisa mengaksesnya pada laman situs https://skck.polri.go.id/ . Website untuk pembuatan SKCK online ini berbeda-beda tergantung wilayah tempat tinggal anda.

Lalu bagaimana dengan warga Balikpapan? untuk warga Balikpapan yang ingin mengurus SKCK online, anda dapat berkunjung ke https://polresbalikpapan.com/skck/form-pendaftaran untuk melengkapi data pengajuan SKCK online.

Sebetulnya, data yang anda isi untuk pembuatan skck secara online ini sama dengan pada saat anda mengisi formulir secara manual di kantor polisi. Dokumen yang perlu anda persiapkan juga sama dengan yang harus anda bawa jika anda membuat SKCK offline.

Perbedaannya hanyalah, anda tidak perlu memphotocopy dokumen pendukung tersebut. Anda cukup menscan dokumen aslinya, kemudian anda unggah pada kolom lampiran yang ada pada halaman website tersebut. Selain itu, anda juga jangan lupa untuk mengupload pas photo anda dengan latar merah.

Setelah anda masuk ke halaman website https://polresbalikpapan.com/skck/form-pendaftaran , kemudian anda klik tab ‘FORM PENDAFTARAN’ dan akan muncul banyak kolom dengan data-data yang harus ada lengkapi. Kolom tersebut berisikan data tentang satuan wilayah tempat anda berada, data pribadi, hubungan keluarga, pendidikan, pernyataan tentang perkara pidana, ciri fisik, serta lampiran.

Setelah semua data terisi, dan anda telah mengkonfirmasi bahwa data yang anda isi sudah benar, maka langkah selanjutnya anda akan mendapatkan nomer kode pembayaran. Pembayaran biaya pembuatan SKCK Online ini dapat anda lakukan melalui BRI Mobile Banking, ATM BRI, mesin EDC BRI, atau datang langsung menyetorkan uang tunai melalui cabang BRI terdekat.

Selanjutnya anda hanya cukup mendatangi polsek atau polres setempat, menunjukkan bukti pembayaran anda, kemudian anda dapat meminta polsek atau polres tersebut untuk menerbitkan SKCK anda. Layanan online ini tidak memerlukan sidik jari, karena semua sudah teridentifikasi dari nomer NIK pada kartu identitas anda.

Sungguh praktis dan mudah ya, pelayanan SKCK Online ini. Tanpa perlu repot dan memakan waktu untuk mendatangi kantor kepolisian, semua bisa anda lakukan dimana saja dan kapan saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menulis dan Format Penulisan Press Release

Informasi Lengkap Kantor Imigrasi Balikpapan [Alamat & Layanan]