Cara Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Balikpapan [+PERSYARATAN]

Cara Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Balikpapan

Liburan, piknik, jalan-jalan, atau apapun sebutannya pasti ditunggu hampir semua orang untuk melepas penat setelah sekian lama melakukan rutinitas. Apalagi jika liburan ini memang sudah direncanakan jauh-jauh hari karena ingin mengunjungi negara tertentu sebagai destinasi wisata.

Sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri, perhatikan syarat dan kebutuhan yang harus dibawa selama melakukan liburan, misalnya jumlah pakaian yang akan dibawa, hingga obat-obatan yang diperlukan. Tetapi ada hal yang lebih penting dan tidak boleh ketinggalan yaitu paspor.


Apa Pentingnya Paspor?

Mengapa paspor tidak boleh ditinggalkan selama melakukan perjalanan?

Karena paspor adalah identitas seseorang selama berada di luar negeri. Jika tidak memiliki paspor, tentu tidak akan diizinkan memasuki negara lain karena akan dianggap ilegal.

Tetapi bagaimana jika belum mempunyai paspor dan ingin melakukan perjalanan ke luar negeri?

Syarat Membuat Paspor

Dalam membuat paspor di Balikpapan, harus melampirkan dokumen yang diperlukan. Berikut adalah dokumen yang harus dilampirkan sebagai persyaratan membuat paspor.
  • KTP yang masih aktif.
  • KK yang sama dengan alamat di KTP.
  • Surat Tanda lahir (AKTA, IJAZAH, atau surat lain yang membuat informasi TTL, dan nama orang tua).
  • Dokumen Pernikahan.
  • Surat WNI bagi WNA yang sudah ganti status jadi WNI.
  • Surat pergantian nama (khusus bagi mereka yang sudah melakukan pergantian nama)

Panduan dan Cara membuat paspor di Balikpapan

Dibeberapa daerah memang sudah ada layanan membuat paspor online, yakni mengambil nomor antrian secara online agar tidak perlu mengantri yang memakan waktu lama dan mengumpulkan kelengkapan syarat-syaratnya.

Beberapa waktu lalu sempat ada himbauan kalau di Kantor Imigrasi Balikpapan bisa melakukan hal ini, namun setelah kita telurusi di website resmi kantor imigrasi balikpapan, hal tersebut belum ada.  Dan berikut adalah langkah yang harus diikuti dalam membuat paspor.
  1. Melakukan pengisian data diri di formulir pengajuan paspor.
  2. Menyerahkan dokumen yang dibutuhkan berupa dokuken asli dan fotocopy sebanyak 1 lembar.
  3. Mengikuti setiap tahapan yang harus dilakukan di kantor imigrasi Balikpapan.

cara membuat paspor yang kami sampaikan ini memang mengharuskan anda untuk datang ke kantor imigrasi untuk melakukan proses wawancara, verifikasi dokumen, perekaman sidik jari dan foto yang dilakukan secara langsung oleh petugas imigrasi.

Datanglah tepat waktu sesuai dengan tanggal dan waktu yang dipilih, serta membawa dokumen yang diperlukan. Dalam membuat paspor tidak langsung jadi di saat yang sama, melainkan harus  menunggu hingga 10 hari lamanya.

Baca Juga: Inilah Dokumen untuk Berpergian ke luar Negri

Untuk informasi yang menyatakan bahwa paspor sudah siap diambil, biasanya akan diberi tahu untuk datang langsung ke kantor imigrasi dan mengambil nomor antrian di loket pengambilan. Saat mengambil paspor jangan lupa membawa kartu identitas dan bukti pembayaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menulis dan Format Penulisan Press Release

Informasi Lengkap Kantor Imigrasi Balikpapan [Alamat & Layanan]

Cara Membuat SKCK Online yang Mudah & Cepat