Cari Tahu Dokumen yang Harus Dibawa saat ke Luar Negeri

Dokumen yang dibawa saat ke luar negeri

Banyak orang yang memasukan “berpergian ke luar negeri” sebagai resolusi tahunannya. Baik sekadar wisata, sampai melanjutkan studi. Tapi banyak yang bingung bagaimana cara melakukannya. Artikel ini dibuat untuk memberitahumu cara memulainya.

Pertama kamu harus tahu tentang dokumen yang dibawa saat ke luar negeri.

Apa itu Dokumen Luar Negeri

Dokumen luar negeri adalah dokumen berisi identitas diri pemiliknya, yang sah, diterima, dan berlaku secara internasional. Dokumen luar negeri memang terkesan ribet. Namun kelengkapan dokumen itu harga mati. Jika dokumen luar negerimu tidak lengkap, kamu tidak akan bisa pergi keluar negeri.

Apalagi kalau hilang saat kamu sudah di luar negeri, risikonya kamu ditangkap polisi. Lalu dideportasi dan membayar denda yang mahal akan selalu menghantui.

Maka dari itu, yuk lengkapi dokumen yang dibutuhkan sebelum bepergian ke negara lain.

Dokumen yang dibawa saat ke Luar Negeri

Dokumen luar negeri kamu, ibarat nyawamu selama berada di tempat petualanganmu. Jaga betul agar jangan sampai hilang dan rusak ya. Berikut beberapa dokumen yang harus anda bawa.

1. Paspor

Ini dokumen yang sangat penting untuk kamu yang mau berpetualang ke luar negeri. Cara mendapatkannya juga tidak sederhana, dan antriannya butuh waktu dan kesabaran. Jadi kalau punya rencana mau ke luar negeri tapi belum punya paspor, pastikan dulu buat paspor kamu sejak lebih dari enam bulan sebelum rencana perjalanan kamu.

Paspor bisa dibuat di kantor imigrasi terdekat. Namun jangan langsung datang begitu saja. Unduh dulu aplikasi “Antrian Paspor” di Play Store atau App Store. Lalu ajukan antrianmu. Aplikasi itu nanti akan menunjukan kantor imigrasi yang antriannya tersedia. Aply di sana dan tunggu sampai waktu yang ditunjukan di aplikasi tersebut untuk datang ke kantor imigrasi.

Pastikan juga kamu siapkan persyaratan pembuatannya. Bisa kamu lihat di laman www.imigrasi.go.id.

2. Visa

Ini adalah sebuah dokumen yang berfungsi sebagai tanda kalau kamu diizinkan untuk mengunjungi suatu negara. Dokumen ini bisa dibuat kalau kamu sudah punya paspor.

Sebenarnya Visa bisa dibuat di Kedutaan Besar negara yang ingin kamu tuju. Tapi ada juga negara-negara yang sudah bebas visa selama waktu tertentu untuk pendatang asal Indonesia. Ada juga negara yang menerapkan visanya secara online. Artinya bisa diurus dari rumah tanpa perlu datang ke Kedutaan Besar.

Visa memiliki kategori khusus, ada visa studi, visa wisata, dan visa bisnis. Untuk membuat visa, kamu harus punya tujuan perjalanan yang jelas. Apakah kamu berpergian untuk studi, wisata, atau bisnis. Pembuatan visa untuk beberapa negara juga butuh wawancara. Kalau kamu tidak bisa menjelaskan tujuan perjalanan kamu dengan baik, permohonan visamu bisa tidak disetujui. Silahkan cek persyaratan visamu di laman kedutaan besar negara tujuanmu.

3. Imigration Card, Registration Card dan Visa Support

Kalau kamu sudah punya visa, berarti dokumen yang dibawa saat ke luar negeri kamu hampir lengkap. Tapi hati-hati, ada dokumen lain yang mesti kamu urus saat kamu sudah ada di negara tujuan. Dan dokumen ini juga tidak boleh hilang.

Pertama Imigration Card atau Kartu Imigrasi. Dokumen ini akan kamu urus saat kamu mendarat di bandara negara tujuan kamu. Kamu akan diwawancara oleh petugas negara setempat seputar tujuan kamu berpergian di negara tersebut, di mana kamu tinggal, dan sumber pendanaan kamu. Proses wawancara dilakukan dalam Bahasa Inggris, pastikan kamu mengerti ya.

Kedua Registration Card atau Kartu Registrasi. Dokumen ini untuk kamu yang berpergian untuk tujuan studi dan bisnis di negara federal seperti Rusia atau Amerika Serikat. Kamu bisa mengurusnya di kantor kemahasiswaan di kampus tujuanmu atau di bagian kepegawaian di tempat kerjamu.

Baca Juga: Cara Membuat SKCK Online Balikpapan

Ketiga Visa Support atau Pendukung Visa. Dokumen ini untuk kamu yang pergi ke luar negeri untuk wisata. Biasanya berisi bukti pemesanan hotel atau tempat tinggal selama kamu di luar negeri.

Demikian artikel tentang dokumen yang dibawa saat ke luar negeri. Pastikan semuanya lengkap dan jangan hilang. Jangan takut berperpetualang, karena hidup adalah petualangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menulis dan Format Penulisan Press Release

Cara Membuat SKCK Online yang Mudah & Cepat

Informasi Lengkap Kantor Imigrasi Balikpapan [Alamat & Layanan]