Informasi Lengkap Kantor Imigrasi Balikpapan [Alamat & Layanan]

Kantor Imigrasi Balikpapan Baru

Bagi Anda yang ingin bepergian ke luar negeri dalam rangka kegiatan umroh maupun haji, kuliah, bekerja maupun sekedar berwisata ke beberapa negara tetangga. Tentunya, Anda diwajibkan untuk mempunyai paspor sebagai tanda bukti yang disahkan oleh negara asal yang bisa Anda pakai dalam beragam kegiatan di luar negeri.

Nah, bagi Anda yang belum mempunyai paspor dapat mendatangi Kantor Imigrasi Balikpapan. Tentunya, jangan lupa untuk membawa persyaratan yang telah ditentukan.

Alamat & Call Center Kantor Imigrasi Balikpapan Baru

Alamat: Jalan Mulawarman, Sepinggan, Kec Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur
Kode Pos: 76115
Buka : Senin sampai Jumat, Jam 8 sampai 4 sore
Nomor Telpon : (0542) 421175
Alamat Email : imigrasibalikpapan1@gmail.com

Mengenal Kantor Imigrasi Kelas 1

Kota Balikpapan merupakan destinasi tenaga kerja asing yang bekerja di perusahaan perminyakan maupun pertambangan sehingga dijadikan sebagai pijakan perekonomian untuk masyarakat sekitar. Selain itu, tenaga aparat yang kredibel dan profesional ditunjuk untuk melakukan pelayanan terhadap masyarakat untuk menumbuhkan kinerja baik di mata masyarakat. Tentunya, berkaitan dengan kinerja pelayanan jasa terkait imigrasi.

Apabila Anda sudah memenuhi persyaratan dokumen untuk melakukan pendaftaran paspor baru maupun pembaruan paspor lama yang sudah habis masa berlakunya. Bisa melakukan pengurusan ke Kantor Imigrasi Balikpapan yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 23 Kota Balikpapan. Wilayah kinerja Kantor berdasarkan Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Tahun 1991 meliputi, Kabupaten Tanah Paser, Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Mengenal Fungsi dan Kinerja

Terdapat beberapa tugas yang diupayakan oleh Kantor Imigrasi Balikpapan Kelas 1 yaitu dengan adanya Tri Fungsi Imigrasi sebagai berikut.
  1. Mengatur terkait pergerakan masuk, keluar maupun menetap baik ke maupun dari wilayah NKRI.
  2. Mengatur mengenai pergerakan pengawasan WNA di wilayah NKRI.
  3. Melakukan pemeriksaan beragam berkas terkait perjalanan ke negara tujuan, negara yang ditempati maupun negara yang dilintasi. 

Tata Cara Pembuatan Paspor

Anda harus melalui beberapa tahapan untuk membuat paspor perdana dengan melakukan pengisian formulir pengajuan, melengkapi berkas-berkas penting meliputi, berkas asli maupun fotokopi sebanyak satu lembar ( berkas yang harus Anda siapkan meliputi, KTP, KK, Akta Kelahiran, Ijazah, Buku nikah, surat kewarganegaraan dan surat berupa penggantian nama dari pihak yang berwenang).


Terkait pembuatan paspor di Balikpapan, anda bisa melihatnya disini : Cara Membuat Paspor di Balikpapan.

Pengajuan Mengganti Paspor  Dikarenakan Habis Masa Pemberlakuan Dan Halaman Yang Sudah Penuh

Anda perlu melakukan pengisian fomulir pengajuan yang telah disediakan, membawa berkas penting meliputi berkas asli maupun fotokopi berupa KTP dan paspor sebelumnya. Terdapat beberapa berkas yang tidak diberlakukan untuk paspor lama sebelum tahun 2009, paspor yang dibuat di luar negeri, data yang berubah dan paspor rusak maupun hilang.

Baca Juga: Visi dan Misi PT Pertamina

Bagi Anda WNI  yang berada di luar negeri terdapat syarat tanbahan berupa paspor yang dimiliki orang tua baik ayah maupun ibu dan Surat keterangan seperti akte kelahiran di perwakilan NKRI.


Tata Cara Membuat Paspor Yang Hilang

Apabila Anda ingin melakukan pengurusan paspor yang tidak ditemukan alias hilang dapat memenuhi beberapa persyaratan seperti, membuat surat keterangan hilang ke kantor polisi, KTP, KK, Ijazah, akte kelahiran, buku nikah, surat kewarganegaraan dan surat penentapan nama pengganti dari pihak yang berwenang.

Pembuatan Paspor Untuk Aktivitas Haji Maupun Umroh

Berdasarkan peraturan yang telah dikeluarkan oleh Direktur Jendral Imigrasi mengenai penerbitan buku paspor biasa untuk para jemaah memiliki beberapa persyaratan meliputi, penerbitan buku dengan halaman sebanyak 48, memiliki paspor biasa dengan rentang waktu dari hari pemberangkatan selama 6 bulan, melakukan pendaftaran baik individu maupun secara serentak yang dikoordinasikan oleh pihak Kementrian Agama dan nama yang tercantum setidaknya 3 kata dapat menambahkan nama ayah maupun ibu apabila memiliki jumlah kata dibawah tiga kata.

Syarat yang harus Anda penuhi untuk melakukan pembuatan paspor untuk keperluan haji meliputi, KTP, KK, Ijazah SD-SMA, buku nikah, surat yang direkomendasikan dari pihak kementrian Agama yang berada di tingkat Kabupaten maupun kota dan bukti berupa setoran awal haji.

Baca Juga: Mall Paling Hits di Balikpapan

Apabila ingin mengganti paspor dapat membawa berkas berupa paspor sebelumnya, surat rekomendasi dari pihak Kementrian Agama dan bukti setor. Nah, itulah beberapa informasi penting yang perlu Anda ketahui tentang Kantor Imigrasi Balikpapan Kelas 1.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat SKCK Online yang Mudah & Cepat

Informasi Lengkap Kantor Walikota Balikpapan