Sejarah + Visi dan Misi PT Pertamina [LENGKAP]

visi dan misi PT Pertamina

Hampir semua lapisan masyarakat di Indonesia menggunakan produk dari PT Pertamina, mulai dari pedesaan terpencil sampai kota-kota besar. Gas dan minyak menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa diabaikan, karena memasak kini lebih praktis dengan menggunakan gas dari pada mengumpulkan kayu di hutan dan membakarnya di dalam tungku.

Beberapa kendaraan umum yang sering kita temui di jalanan, atau kendaraan yang kita miliki sendiripun dijalankan dengan bensin atau bahan bakar lainnya yang bisa kita dapatkan di PT Pertamina. Kita tidak bisa lepas dari gas dan minyak. Namun, apakah kita mengetahui Sejarah dan Visi dan Misi PT Pertamina sendiri?

Lalu, apakah penting bagi kita untuk mengetahuinya?

Beberapa orang mungkin berusaha mencari tahu di internet tentang sejarah PT Pertamina atau visi dan misinya, namun beberapa mungkin memilih untuk tidak peduli. Dan untuk yang ingin mengetahuinya, artikel Portal Balikpapan kali ini adalah yang anda cari.

Sejarah PT Pertamina

sejarah PT Pertamina

Kalau berbicara tentang sejarah, kita sangat dekat sekali dengan pertanyaan “kapan” dan “bagaimana”. Kapan terbentuknya perusahaan tersebut? Bagaimana perusahaan tersebut bisa memberi pengaruh besar pada kehidupan kita hingga saat ini?

Bagaimana perjalan serta perkembangan berdirinya PT Pertamina? Bahkan Mereka yang mengantri di pom bensin di pagi hari sebelum berangkat kerja itu terlihat tidak peduli, pastilah sekali waktu terlintas di dalam pikiran mereka “bagaimana sejarah dapat membentuk perusahaan minyak ini menjadi perusahaan BUMN terbesar milik Indonesia?” atau “siapakah sebenarnya pemilik PT Pertamina ini?”

Untuk pertanyaan ini, jelas jawabannya adalah PT Pertamina itu milik Negara, kepemilikan sahamnya milik Pemerintah Republik Indonesia.

Kembali pada perntanyaan “kapan dan bagaimana”. Sejarah berdirinya PT Pertamina terjadi pada tahun 1950 ketika Pemerintah Republik Indonesia menunjuk Angkatan Darat untuk mengelola lading minyak di daerah Sumatera.

Tahukah kamu bahwa nama Pertamina itu adalah gabungan dari PERMINA dan PERTAMIN?
Dituliskan dalam Web resminya bahwa pada tanggal 10 Desember 1957 adalah tanggal lahirnya PT Pertamina, yang nama sebelumnya adalah PN PERMINA, lalu bergabung dengan PN PERTAMIN dan berubah nama menjadi PT PERTAMINA, perubahan itu dilakukan pada tanggal 20 Agustus 1968.

Lambang PT Pertamina sebelumnya adalah seekor kuda laut, lalu pada tahun 2005 lambang itu diubah menjadi lambang anak panah dengan warna dasar hijau, biru, dan merah. Hal ini dimaksudkan untuk menegaskan bahwa PT Pertamina merefleksikan unsur dinamis dan kepedulian terhadap lingkungan.

Lalu, bagaimana PT Pertamina menjadi perusahaan BUMN terbesar di Indonesia?

Bersamaan dengan perubahan visinya pada tahun 2007, yaitu “Menjadi Perusahaan Minyak Nasional Kelas Dunia“ pada tanggal 10 desember, Pertamina juga menambah modal ditempatkan/disetor serta memperluas kegiatan usaha Perusahaan dan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya dalam kegiatan usaha migas pada Sektor Hulu hingga Sektor Hilir.

Setelah perubahan anggaran tersebut disetujui menteri BUMN, maka pembagian tugas dan wewenang direksi dilakukan. Semenjak saat itulah Pertamina semakin mengembangkan diri, menghasilkan produk berkualitas dan unggul bagi konsumen dan dengan semakin berkembangnya teknologi, PT Pertamina juga terus mengoptimalkan usahanya.

Lalu apa saja visi dan misi PT Pertamina? Berikut adalah point-point penting mengenai visi dan misi PT Pertamina.

Visi dan Misi PT Pertamina

visi dan misi

Sebuah perusahaan besar pasti memiliki visi dan misi yang besar pula, apalagi perusahaan tersebut  adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), visi dan misinya pastilah sama besarnya.

Seperti yang tertera di website resminya, PT Pertamina memiliki visi dan misi yang mulia. Sejalan dengan usahanya dalam memberikan pelayanan dan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia, PT Pertamina selain memiliki visi ”Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia” dan misi “Menjalankan Usaha Minyak, Gas, Serta Energi Baru dan Terbarukan Secara Terintegrasi, Berdasarkan Prinsip-Prinsip Komersial Yang Kuat”, perusahaan BUMN terbesar di Indonesia ini juga memiliki komitmen yang disebut dengan Tata Nilai Unggulaan 6C, yaitu Clean, Competitive, Confident, Customer Focus, Commercial dan Capable yang menjadi pedoman bagi seluruh karyawan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Apa saja penjelasan dari Tata Nilai Unggulain 6C?

1. Clean

Clean di sini dimaksudkan bahwa perusahaan ini bebas dari suap, dikelola secara professional, memiliki integritas tinggi serta berpedoman pada asas tata kelola korporasi yang baik.

2. Confident

Memiliki rasa percaya yang tinggi agar dapat berkarya sebaik-baiknya serta menjadi pelopor dalam reformasi Badan Usaha Milik Negara

3. Commercial

Menciptakan nilai tambah dengan orientasi komersial, serta dapat meningkatkan nilai tambah dalam pengambilan keputusan-keputusan berdasarkan prinsip-prinsip bisnis yang sehat.

4. Competitive

Memiliki kemampuan untuk bersaing dalam skala regional maupun internasional, mendorong pertumbuhan investasi serta menyadarkan masyarakat pada biaya dan menghargai kinerja.

5. Customer Focus

Memberikan pelayanan terbaik dan mengutamakan kepentingan pelanggan.

6. Capable

Memiliki kemampuan dan talenta yang tinggi terhadap pekerjaan. Mampu bekerja secara professional dan berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi sesuai kebutuhan.


Baca Juga: Tentang Kantor Walikota Balikpapan

Visi dan Misi PT Pertamina tersebut kemudian terwujud dan membawa PT Pertamina pada langkah yang nyata. Yaitu pada tahun 2017 perusahaan ini menjadi perusahaan energi nasional kelas dunia. Pertamina menjadi pemegang saham mayoritas M&P dengan 72,65% saham dan memiliki akses operasi di 12 Negara yang tersebar di 4 benua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menulis dan Format Penulisan Press Release

Informasi Lengkap Kantor Imigrasi Balikpapan [Alamat & Layanan]

Cara Membuat SKCK Online yang Mudah & Cepat