Cara Menulis dan Format Penulisan Press Release

format press realease

Press Release atau yang sering kita dengar dengan sebutan Siaran Pers merupakan informasi yang dibuat oleh Public Relations (PR) atau Hubungan Masyarakat (Humas) suatu organisasi yang disampaikan kepada media massa untuk dipublikasikan. Pada umumnya Press Release  berisi informasi tentang kebijakan ataupun kegiatan lembaga/instansi dan juga tentang produk.

Walaupun mengusung misi promosi, baiknya Press Release berisi tentang fakta dan hindari penggunaan kata promotif ataupun memuji diri sendiri. Tidak sedikit orang yang paham betul tentang Format Press Release yang baik dan benar.

Oleh sebab itu, pada kesempatan ini saya akan memberikan informasi mengenai format penulisan Press Release yang nantinya akan bermanfaat bagi anda. Atau jika ingin lebih ringkas, anda bisa membuat press realese melalui agency penulisan artikel.


Cara Menulis Press Release

Setelah mengetahui dan mengerti tentang Press Release, mari kita pelajari bagaimana penulisannya. Sebetulnya cara penulisan dari Press Release sama halnya dengan wartawan pada umumnya. Tetapi bagi anda yang masih kurang mengerti, jangan sedih! Saya akan membagikan tata cara menulisan Press Release yang baik dan benar untuk anda pelajari. Nah, berikut ini struktur penulisan yang pada hakikatnya sama dengan penulisan struktur untuk naskah berita:

  • Judul atau Head 
  • Baris Tanggal atau Dateline
  • Teras Berita atau Lead
  • Isi Berita atau New Body

Selanjutnya, mari kita bahas mengenai Format Press Release . Seperti yang kita ketahui bahwa pada umumnya untuk lembaga pres tentunya telah memiliki format khusus dalam naskah siaran pres. Lalu, seperti apakah format penulisannya? Berikut ulasan lengkapnya:

  • Bagian atas naskah memiliki isi (misalnya, untuk disiarkan segera atau untuk disiarkan sesuai tanggal yang ditentukan) itu akan lebih baik.
  • Untuk Headline atau judul siaran pres, baiknya harus menggambarkan isi dari siaran tersebut
  • Selanjutnya, untuk Dateline baris tanggalnya berisi nama kota dan tanggal
  • Sementara untuk konten atau siaran pres terdiri dari Lead dan juga terdapat tubuh berita
  • Cantumkan informasi mengenai lembaga ataupun instansi yang mengirim rilis pada bagian akhir naskan
  • Berikan informasi kontak, kemudian cantumkan juga dibawahnya dengan nama, alamat lembaga, nomor telepon, email, fax, website dan juga contact person yang bisa dihubungi
     
Format penulisan di atas bisa anda coba. Selain itu, sebelum anda memulai menulis Press Release ada baiknya untuk mempelajari gaya bahasa media yang menjadi target pengiriman rilis, pilihlah judul yang positif bukan yang pasif. Gunakanlah bahasa jurnalistik yang lugas dan ringkas serta hindari anak kalimat. Press Release harus berisi tentang fakta dan data, bukan opini atau pandangan.

Di era digital seperti saat ini, penulisan dan pengiriman siaran pres jauh lebih mudah dan cepat dan kalangan Humas harus bisa memanfaatkan website ataupun media sosial resmi untuk menyebarluaskan rilisnya.

Nah, itulah Format Press Release yang bisa saya bagikan untuk anda. Tentunya dari apa yang saya paparkan dari awal, semoga dapat membantu anda dalam membuat Press Release. Jika anda baru pertama kali melihat dan mempelajari Press Release, mungkin anda merasa bahwa ini merupakan hal yang sulit. Tetapi apa yang anda pelajari nantinya akan memberikan manfaat di masa mendatang. Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat SKCK Online yang Mudah & Cepat

Informasi Lengkap Kantor Imigrasi Balikpapan [Alamat & Layanan]

Informasi Lengkap Kantor Walikota Balikpapan